Skip to main content

Prediksi Soal USBN 2019 Bahasa Indonesia untuk XII SMA/SMK

USBN sebentar lagi berikut ini adalah prediksi soal USBN 2019  bahasa indonesia untuk kelas XII SMA/SMK silahkan pelajari, ...

1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Dampak  negatif pemanasan  global terus  diserukan.  (2) Badan  kesehatan  duma' (WHO)  memperingatkan   tentang  makin  hangatnya  temperatur  udara.  (3) Diduga  hal  ini dapat memicu  timbulnya  penyakit  seperti demam  berdarah  dangue  dan malaria   (4) Lebih lanjut  WHO melaporkan  perubahan  iklim menyebabkan   lebih dari  150.000 kematian  dan lima  juta  orang  terserang   penyakit   setiap  tahunnya.   (5)  Dengan   demikian, diprediksi frekwensinya dapat berlipat ganda pada tahun 2030.
Ide pokok paragraf  tersebut  adalah  ....
A. dampak  negatif pemanasan  global
B. peringatan  tentang  hangatnya  temperatur  udara
C. penyebab  timbulnya  penyakit  demam  berdarah
D. perubahan  iklim akibat pemanasan  global
E. dampak perubahan  iklim dunia

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Dalam proses metabolism, vitamin C berperan dalam penyerapan zat besi nonorganik, yakni zat besi dari makanan non hewani yang dapat mencegah anemia. Saat ini, vitamin C menarik perhatian para ahli karena kemampuannya sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. Vitamin C berperan dalam proses metabolisme.
B. Vitamin dapat mencegah dan menyembuhkan anemia.
C. Molekul radikal bebas dapat dapat mengoksidasi protein.
D. Manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh.
E. Kemampuan antioksidan vitamin C menarik perhatian.

3. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Perkembangan internet yang sedemikian maju telah member pengaruh cukup besar pada kehidupan social, politik, dan ekonomi. Bahkan, komunikasi di dalam keluarga pun ikut berubah setelah internet menjadi sangat lazim digunakan. Berdasarkan survey penyedia jasa internet 2016, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 88 juta orang. Sebanyak 79 juta orang aktif menggunakan internet setiap hari seperti jejaring sosial dan pencarian sumber informasi.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ….
A. Pengaruh internet pada kehidupan manusia.
B. Strategi pemasaran produk barang melalui internet.
C. Cara memperoleh kenyamanan dalam berkomunikasi.
D. Survei jumlah pengguna internet di Indonesia.
E. Jutaan orang aktif menggunakan internet.

4. Bacalah paragraf  berikut dengan saksama!
Kita sering salah memahami kehendak Tuhan. Banyak di antara kita sudah merasa berusaha dan berdoa maksimal, tetapi Tuhan tidak memberi seperti yang kita harapkan. Yang kita terima adalah kerugian, penderitaan, dan hal-hal yang menyakitkan. Tetapi, barangkali begitulah rangkaian tahapan Tuhan dalam mengabulkan doa kita. Sebagai ilustrasi, kalau kita meminta kupu-kupu yang indah, Tuhan akan memberi ulat bulu yang menjijikkan. Akan tetapi kalau kita sabar dan ikhlas menerima dan merawatnya, ulat bulu itu pun akhirnya menjelma menjadi kupu-kupu yang indah seperti yang kita minta. Sebaliknya kalau ulat bulu itu kita campakkan, kupu-kupu yang indah tak akan pernah menjadi milik kita.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ….
A. Rangkaian tahapan Tuhan dalam mengabulkan doa kita.
B. Pemberian Tuhan atas usaha dan doa kita yang maksimal.
C. Kupu-kupu indah yang kita minta kepada Tuhan.
D. Ulat bulu yang harus kita rawat dengan sabar dan ikhlas.
E. Kupu-kupu indah jelmaan ulat bulu yang menjijikkan.

5. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
(1) Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali bila program akselarasi ditutup padahal program ini sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi. (2) Mereka mengatakan bahwa siswa-siswa dari akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program regular.  (3) Selain itu dapatlah dikatakan bahwa biaya pendidikan lebih ekonomis, praktis, dan efisien.
Kalimat inti dari paragraf tersebut adalah ,,,,
A. Sebagian besar orang mengatakan sayang sekali.
B. Siswa-siswa dari program akselerasi sudah banyak yang berhasil
C. Siswa program akselerasi berhasil menyelesaikan studi.
D. Siswa-siswa dari program akselerasi.
E. Sayang sekali bila program akselerasi ditutup.

6. Bacalah paragraf berikut!
         Transportasi tidak pernah lepas dari aktivitas manusia dalam menjalankan hidup. Transportasi tidak hanya menjadi hal yang lumrah ada di setiap komunitas manusia karena semakin lama, kualitas dan pengaruhnya terhadap kehidupan mulai menjadi perhatian.
          Kini, tranportasi merupakan salah satu indicator kemajuan sebuah komunitas, kawasan, atau wilayah. Bahkan, menjadi salah satu indicator penilaian suatu daerah berhasil atau tidak menjalankan otonomi daerah. Beberapa wilayah yang sebelumnya tidak pernah tersentuh oleh jalan beraspal, setelah otonomi daerah, jalan-jalan kampong pun di aspal.
Ringkasan kedua paragraf tersebut adalah ….
A. Transportasi merupakan salah satu indicator kemajuan sebuah komunitas, kawasan, atau wilaya dan menjadi salah satu indikator penilaian suatu daerah berhasil atau tidak.
B. Transportasi tidak lepas dari aktivitas manusia pada sebuah komunitas, kawasan, atau wilayah.
C. Transportasi menjadi salah satu indikator penilaian suatu daerah berhasil atau tidak menjalankan otonomi daerah.
D. Transportasi tidak pernah lepas dari aktivitas manusia dalam menjalankan hidup dan merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah komunitas, kawasan, atau wilayah.
E. Beberapa wilayah yang sebelumnya belum pernah tersentuh oleh jalan beraspal, setelah otonomi daerah, jalan-jalan kampong pun di aspal.

7. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Buah tomat merupakan buah yang syarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah kekurangan vitamin. Di samping itu juga mencegah kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, kolera, dan serangan empedu. Selain kaya manfaat, tomat juga lezat disantap. Bahkan sebagai saus atau diracik makanan pun mampu membius para penikmatnya. Di Perancis, tomat disebut pomme d’amour atau apel cinta. Jika ingin sehat dan bebas dari kanker, cobalah rutin mengonsumsi “Si apel cinta”.
Ringkasan yang tepat dari wacana di atas adalah ….
A. Tomat adalah buah yang syarat khasiat dan lezat disantap.
B. Buah tomat atau buah apel cinta dapat mencegah penyakit kanker.
C. Buah tomat sarat khasiat, kaya manfaan bagi penderita penyakit.
D. Buah tomat selain mencegah dan mengobati berbagai penyakit, juga lezat.
E. Buah tomat kaya vitamin, kaya manfaat, , juga lezat sebagai bumbu masakan dan minuman.

8. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pada pagi hari itu tanggal 17 Agustus 1945, rumah Ir. Soekarno dipadati oleh sejumlah massa. Untuk menjaga keamanan, dr. Muwardi meminta Latief Hendradiningrat beserta beberapa anak buahnya untuk berjaga-jaga di rumah Ir. Soekarno. Suasana ramai mendadak hening ketika Ir. Soekarno dan Moh. Hatta keluar rumah dan membacakan teks proklamasi. Setelah pembacaan proklamasi, semua yang hadir bergembira, ada yang berpelukan, ada pula yang meneriakkan takbir. Pengibaran bendera merah putih pun dilanjutkan. Suasana hening sejenak, namun ketika bendera merah putih mulai berkibar secara spontan rakyat dan semua yang hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya tanpa ada yang memimpin.

Ringkasan teks cerita sejarah tersebut yang tepat adalah ….
A. Rumah Ir. Soekarno mendadak ramai didatangi massa yang akan menyaksikan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945.
B. Ir. Soekarno bersama Drs. Moh. Hatta mengibarkan bendera merah putih saat pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan di depan rumahnya.
C. Pada tanggal 17 Agustus 1945 suasana ramai mendadak hening ketika dibacakan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta yang dilanjutkan pengibaran bendera merah putih.
D. Pengibaran bendera merah putih menandai kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan diiringi lagu Indonesia Raya.
E. Suasana mencekam mengiringi pembacaan teks proklamasi karena khawatir Jepang akan menyerang rumah Ir. Suekarno.

9. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Di muka  bumi  ini tidak  ada daerah dengan  tingkat  keasaman  antara  5,0 dan 6,0 yang  tidak  ditumbuhi   lumut.  Lumut  yang  secara  taksonomi   berada  di antara  tanaman alga dan pterophyta   ini tumbuh  subur pada konelisi tanah seperti itu. Semua jenis  lumut, yaitu  Musei  Hepaticae,   dan  Anthocerotae   memiliki   syarat  hidup   sama.  Tanaman   ini tidak  akan  tumbuh  jika  keasaman   tanah  melebihi  6,5.  Lumut  menyukai   tanah  dengan keasaman  antara  5,0 dan 6,0.
Pemyataan  sebab akibat yang sesuai dengan isi teks tersebut  adalah  ....
A. Semua daerah  di muka  bumi ini memiliki  tingkat keasaman  5,0 dan 6,0 sehingga dapat ditumbuhi lumut.
B. Karena  tingkat   keasaman   suatu  daerah  kurang .dari  5,0,  lumut   dapat  tumbuh dengan subur.
C. Lumut dapat tumbuh dengan subur karena tingkat keasaman daerah itu antara 5,0 -  6,O..
D. Daerah  dengan  tingkat  keasaman  di atas 6,5 dapat  ditumbuhi  lumut  me ski tidak subur.
E. Karena  banyak  jenis   tanaman   lumut,  tidak   ada  daerah  yang  tanpa  tumbuhan lumut.

10. Bacalah paragraf di bawah ini denngan cermat!
(1) Ivestasi memiliki karakteristik risiko yang beragam, namun pada umumnya diklasifikasi menjadi tiga kategori, yakni investasi risiko tinggi hasil tinggi (high risk high return), risiko sedang hasil sedang, dan risiko rendah hasil rendah. (2) Untuk jenis yang terakhir bahkan boleh dikata sebagai investasi tanpa risiko (zero risk), misalnya deposito dan obligasi pemerintah.
Inti Kalimat utama paragraf di atas adalah ….
A. Investasi memiliki karakteristik risiko yang beragam.
B. Investasi diklasifikasi menjadi tiga kategori.
C. Investasi risiko tinggi hasilnya tinggi.
D. Investasi risiko sedang hasilnya sedang.
E. Deposito dan obligasi pemerintah tanpa risiko.

Untuk no 11-40 silahkan anda bisa download di bawah ini beserta kunci jawabannya..

Comments